Rabu, 20 Oktober 2010

Karakteristik Manajemen Proyek

Apa Itu Proyek?
A. Pengertian Proyek
Pasti semua orang pernah mendengar kata proyek atau bahasa sehari-harinya tender. Proyek atau tender biasanya dihubungkan dengan perusahaan atau para pengusaha & pebisnis. Tapi, apa sih sebenarnya arti proyek? Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan pengertian dari proyek dan ruang lingkup proyek itu sendiri.
Proyek adalah kegiatan-kegiatan yang dapat direncanakan dan dilaksanakan dalam satu bentuk kesatuan (terintegrasi) dengan mempergunakan berbagai sumber daya untuk mendapatkan manfaat. Atau dengan kata lain, proyek merupakan suatu usaha yang direncanakan sebelumnya dan memerlukan sejumlah pembiayaan serta penggunaan masukan lain, yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu, dan dilaksanakan dalam waktu tertentu pula.
Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berbentuk investasi baru dalam berbagai macam bisnis antara lain, pendirian pabrik, pembuatan jalan raya, pembukaan hutan, irigasi, bendungan, berbagai macam survey, penyuluhan program keluarga berencana, dsb.
Sumber daya yang dipergunakan dalam pelaksanaan proyek dapat berbentuk barang-barang modal, tanah, bahan-bahan mentah maupun bahan setengah jadi, tenaga kerja, dan waktu. Sumber daya tersebut sebagian atau seluruhnya dapat dianggap sebagai barang-barang konsumsi yang dikorbankan dari penggunaan masa sekarang untuk memperoleh manfaat (benefit) yang lebih besar di masa yang akan datang.
Manfaat atau benefit tersebut dapat berbentuk tingkat konsumsi yang lebih besar, perluasan kesempatan kerja, perbaikan tingkat pendidikan atau kesehatan, serta perbaikan dalam sistem atau struktur. Suatu proyek dapat dinyatakan berakhir jika sudah tidak mempunyai benefit lagi.
Kegiatan-kegiatan yang terintegrasi mempunyai arti bahwa sumber daya yang dipergunakan dalam suatu proyek maupun hasil-hasil proyek tersebut dapat dipisahkan dari sumber daya yang dipergunakan oleh dan hasil-hasil dari kegiatan lainnya. Kegiatan yang dapat direncanakan berarti bahwa :
a. Baik biaya maupun hasil-hasil utama dari proyek dapat dihitung atau
diperkirakan; dan
b. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat disusun sedemikian rupa sehingga dengan
penggunaan sumber daya yang terbatas dapat menghasilkan manfaat atau
benefit yang maksimal.

B. Komponen Proyek
Suatu proyek terdiri atas beberapa komponen yang mendukung yaitu :
• Kemampuan
Berhubungan dengan pengetahuan tentang projek yang akan dikerjakan, kemampuan dalam mengerjakan proyek tersebut, dan pengalaman yang dibutuhkan yang bertujuan untuk mengurangi faktor resiko yang terjadi dari suatu proyek yang akan dikerjakan
• Perangkat Bantu
Alat bantu yang dibutuhkan oleh seorang manajer proyek untuk meningkatkan kemampuan menangani suatu proyek dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat keras, seperti dalam hal dokumentasi, perencanaan, permodelan, audit maupun pengevaluasian proyek
• Proses
Adalah suatu teknis dan urutan kebutuhan yang dapat di monitor dan di kontrol dalam waktu tertentu meliputi waktu, dana, kualitas, resiko maupun bidang garapan proyek.
C. Manajemen Proyek
• Secara tradisional pengertian manajemen adalah meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penempatan orang, pengendalian dan pengarahan.
• Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumberdaya tertentu.
• Manajemen Proyek mempergunakan personil untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek
D. Ciri-ciri Manajemen Proyek
Mekanisme proyek dalam hubungannya dengan pengelolaan, organisasi dan sumber daya mempunyai ciri-ciri tertentu sebagai berikut :
• Memimpin organisasi proyek dan beroperasi secara independen.
• Pembawa tunggal untuk mencapai satu tujuan proyek.
• Memerlukan bermacam-macam keahlian dan sumber daya.
• Bertanggung jawab menyatukan orang-orang dari berbagai fungsi/disiplin yang bekerja.
• Memfokuskan pada ketepatan waktu dan biaya.


E. Macam-macam Proyek
• Proyek Kapital
Proyek ini biasanya berupa pengeluaran biaya untuk pembebasan tanah, pembelian peralatan, pemasangan fasilitas dan konstruksi gedung
• Proyek Penelitian dan Pengembangan
Proyek ini bisa penemuan produk baru, temuan alat baru dll. proyek ini dapat muncul dilembaga komersial maupun pemerintah.
• Proyek yang berhubungan dengan manajemen service
Proyek ini sering uncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah. Proyek ini bisa berupa perancangan struktur organisasi, pembuatan sistem informasi manajemen, peningkatan produktifitas perusahaan.
F. Batasan suatu proyek
Batasan suatu proyek menurut teori klasik menyatakan bahwa proyek terdiri atas 3 hal yaitu :
• Ruang Lingkup
• Waktu
• Dana
Seiring dengan perkembang jaman, manajemen proyek memiliki beberapa batasan yang mencakup :
• Ruang Lingkup
Ruang lingkup proyek meliputi tata cara untuk menentukan waktu proyek dimulai, perencanaan lingkup proyek yang akan di garap, pendefinisian ruang lingkup proyek, verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek tersebut di mulai.
• Waktu
Meliputi tata cara mendefinisikan suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan durasi/lama waktu dari setiap pekerjaan, pengembangkan suatu skedul serta merencanakan kontrol atas skedul tersebut
• Dana
Meliputi tata cara untuk merencanakan sumber dana proyek, mengestimasikan harga dan sumber daya, mendefinisikan budget, serta mengontrol keuangan
• Kualitas
Meliputi kegiatan perencanaan kualitas, perencanaan jaminan atas suatu kualitas berdasarkan standar tertentu, serta pengontrolan atas kualitas
• Resiko
Meliputi perencanaan atas manajemen resiko, mengidentifikasikan resiko yang timbul dari suatu proyek, menganalisa kuantitatif dan kualitatif suatu resiko, merencanakan tindakan yang akan diambil dari suatu resiko yang timbul serta memonitor setiap resiko yang mungkin muncul dari suatu proyek
• Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia meliputi kegiatan perencanaan atas sumber daya manusia yang akan mengerjakan proyek, perekrutan tenaga kerja, serta pembangunan team
• Logistik
Manajemen logistik meliputi tahapan perencanaan kebutuhan sumber daya untuk kegiatan proyek, perencanaan tender, proses tender dan penentuan pemenang tender, administrasi atas kontrak pembelian, dan tata cara penutupan kontrak.
• Komunikasi
Meliputi kegiatan perencanaan komunikasi atas level sumber daya, distribusi informasi, laporan kemajuan proyek dan pembuatan administrasi akhir proyek sebelum diserah terimakan.
• Manajemen Integrasi
Merupakan kegiatan yang meliputi perencanaan pengembangan, perencanaan tata ostTime=23:36

2 komentar:

  1. itu artikel nya kepotong atau emang segitu pak?

    BalasHapus
  2. Maaf pak, sekedar saran. Untuk blognya kalau bisa pakai background yang selaras dengan warna fontnya, soalnya sulit dibaca. Thxx

    BalasHapus